Tips menghemat uang gaji

Meski terlihat mudah dan tidak merepotkan, namun pada kenyataannya kegiatan menabung kerap menjadi salah satu hal yang sulit untuk dijalankan oleh sebagian besar orang. Bukan hanya oleh mereka yang masih belum dewasa saja atau masih berusia sekolah, bahkan oleh mereka yang telah bekerja dan memiliki penghasilan sekalipun, kegiatan ini terasa sulit untuk dijadikan sebagai kebiasaan.
Selalu ada banyak alasan untuk menunda dan tidak kunjung memulai kegiatan menabung tersebut, meskipun telah memiliki sejumlah penghasilan. Alasan ini bisa saja beragam, mulai dari: gaji yang terlalu kecil, pengeluaran yang selalu membengkak, atau bahkan penghasilan yang tidak pernah cukup untuk menutupi semua kebutuhan. kali ini saya akan membagi tips bagaimana caranya agar kita memiliki tabungan 12 juta dalam setahun. Tipsnya antara lain:

1. Atur Anggaran dengan Ketat


2. Prioritaskan Kegiatan Menabung setelah Gajian

point ke dua ini hal yang sulit dilakukan karena realitasnya setelah menerima gaji, gaji itu hanya numpang lewat, yang akhirnya habis hanya dalam beberapa hari saja. sehingga dalam memprioritaskan menabung ini, kita harus melakukan pengaturan anggaran pembelanjaan keluarga kita. misalnya, gaji kita 3 juta, kita harus wajib menyisikan minimal 1 juta dari gaji kita. ketika kita bisa menyisikan setiap bulannya 1 juta, maka dalam setahun kita bisa mempunyai 12 juta di dalam tabungan kita.


3. Berhemat dan Tabungkan Setiap Hari

point ke tiga ini khusus buat anak muda yang setiap harinya mendapatkan uang jajan dari orang tua kita. usahakan kalian sebagai anak untuk berhemat dan menabungkan setiap hari dari sisiin uang jajan. jika setiap hari bisa menabung minimal 5.000 maka dalam sebulan akan terkumpul 5000 x 26= 130.000 ( hari sabtu dan minggu tidak dalam hitungan). jika hal itu konsisten dilakukan maka dalam setahun akan terkumpul 5000 x 26 x 12= 1.560.000 . lumayankan jika kita melatih diri berhemat sejak saat kita masih bersekolah.

jika buat pengusaha kecil, tabungkan dari sebagian keuntungan penjualan setiap harinya, misalnya keuntungan bersih per harinya 100.000 maka tabungkanlah sebagian, jika kita bisa menabungkan  50.000 per hari maka dalam sebulan tabungan kita sudah mencapai 1.500.000. menarik bukan? jika kita bisa menabungkan sebagian keuntungan bersih dari penjualan kita.


4. Bawa Uang Pas saat Bepergian 

Hindari untuk mengalami “kecelakaan” dalam pengeluaran, di mana seringkali mengeluarkan uang tanpa sebuah rencana / perhitungan awal. Hal seperti ini seringkali terjadi, bahkan tanpa disadari sekalipun. Cobalah untuk tidak membawa serta kartu ATM dan kartu kredit ataupun uang tunai yang banyak (berlebih) ketika bepergian ke luar rumah.



Bawa saja sejumlah uang yang dibutuhkan, atau jika perlu, Anda bisa melebihkannya sedikit saja (dalam jumlah yang masuk akal) di luar kebutuhan tersebut. Hal ini akan membantu untuk lebih mudah mengontrol pengeluaran, terutama yang bersifat “kecelakaan”, sehingga Anda tetap bisa menyisihkan sejumlah uang untuk tabungan.












5. tetapkan target pibadi, dalam sebulan kamu tidak boleh menghabiskan lebih dari 30%-50% gaji.


Selain memiliki 2 rekening tabungan untuk mempermudah mengatur pengeluaran, kamu juga harus menetapkan nominal uang yang akan kamu simpan dan uang yang kamu anggarkan untuk memenuhi kebutuhan dalam sebulan. Besaran nominalnya bisa kamu tentukan sendiri tergantung besaran pendapatanmu dalam sebulan. Hal ini perlu diperhatikan semakin besar prosentase persen dalam sebulan kamu tidak boleh menghabiskan dari gaji itu, maka semakin besar pula yang akan terkumpulkan didalam tabungan kalian




6. Pilih Tabungan Emas

Langkah ini sangat tepat untuk yang selalu memiliki kebiasaan buruk dan sejuta alasan untuk menggunakan uang tabungan yang dimiliki, meskipun uang tabungan tersebut telah dimasukkan ke dalam rekening bank. Saat ini, Anda bisa lebih mudah untuk mengakses tabungan emas, sebab beberapa bank dan bahkan PT. Pegadaian memiliki layanan tersebut.
Tabungkanlah uang Anda di sana setiap kali menerima gaji, di mana tabungan ini akan berbentuk emas batangan yang tersimpan pada bank pilihan. Tabungan emas tentu berbeda dengan tabungan biasa, sebab tidak akan diberikan fasilitas kartu ATM untuk menarik sejumlah dana tersebut dengan mudah.
Bukan hanya itu saja, tabungan yang dalam bentuk emas batangan ini tentu akan membuat Anda merasa sedikit berbeda dan lebih enggan untuk menarik / menjualnya setiap saat tanpa alasan yang mendesak. Uang tabungan akan lebih awet dan aman dalam tabungan emas.

7. Disiplin dan Selalu Konsisten

Keberhasilan dalam menabung tentu akan sangat dipengaruhi oleh disiplin yang Anda miliki dalam mengelola keuangan. Hal ini akan jauh lebih mudah, jika ternyata memang bisa konsisten dan menjalani kegiatan tersebut secara berkesinambungan. Bukan hanya Rp10 juta saja, jumlah tabungan yang jauh lebih besar sekalipun sangat mungkin dimiliki, jika selalu disiplin dan konsisten untuk melakukan kegiatan tersebut.

8. TERAKHIR JIKA SUDAH BERHASIL KONSISTEN JANGAN LUPA BERBAGI UNTUK SESAMA AGAR DALAM MENGHEMAT GAJI KITA TETAP MENJADI ORANG YANG BERMANFAAT UNTUK. ORANG LAIN

No comments:

Post a Comment

Kepercayan, sistem pemerintahan Bangsa inca, Bangsa Maya, bangsa Aztec dan peradaban india kuno

1   Kepercayaan dan sistem pemerintahan Bangsa Inca, bangsa maya dan bangsa Aztec Kepercayaan Bangsa Inca: Masyarakat Inca perca...