Kepercayan, sistem pemerintahan Bangsa inca, Bangsa Maya, bangsa Aztec dan peradaban india kuno

1  Kepercayaan dan sistem pemerintahan Bangsa Inca, bangsa maya dan bangsa Aztec
yX Media - Monetize your website traffic with us

Kepercayaan Bangsa Inca: Masyarakat Inca percaya bahwa penguasa mereka adalah keturunan Dewa Matahari, dan bahwa masing-masing unsur dunia punya dewa masing-masing. Salah satu dewa yang paling sering dipuja tak lain tak bukan ada Inti, dewa matahari. Bangsa Inca juga menyembah Pacha Mama, dewi bumi

Monetize your website traffic with yX Media
 Kepercayaan Bangsa Maya: Bangsa Maya menyembah terutama dewa Bacabs, Chac, dan Itzamna. Masing-masing dari mereka punya peran berbeda. Tidak seperti bangsa Aztec yang menyukai persembahan darah, bangsa Maya lebih fokus pada seni upacara keagamaan yang rumit dan kompleks, namun tidak berbahaya.


Kepercayaan  Bangsa Aztec: Dewa yang paling sering disembah adalah Huitzilopochtli, dewa matahari, perang, dan pelindung kota Tenochtitlan. Serta juga dewa Tlaloc, dewa hujan. Ada juga Xipe Totec, dewa musim semi dan pelindung pekerja besi, Quetzalcoatl dan Tezcatlipoca, duo pencipta dunia dan Tlaltecuhtli, dewi bumi. Bangsa Aztec menyembah dewi keibuan yaitu Tonantzin.
Monetize your website traffic with yX Media

Sistem pemerintahan Bangsa Maya: Bangsa Maya tinggal pada kota mereka masing-masing, dan masing-masing kota punya rajanya masing-masing. Tiap kota bisa saling menyerang, atau pun berdamai. Rakyat yang tinggal di pinggiran dan tepi-tepi kota atau kota-kota kecil biasanya tunduk pada penguasa kota yang lebih besar.


Sistem pemerintahan  Bangsa Aztec: Bangsa Aztec membangun kekaisaran yang berdasarkan semata pada upeti. Setiap sebuah kota ditaklukkan oleh aliansi Tenochtitlan-Teotihuacan-Tlaltelolco, maka raja kota itu akan dipertahankan selama ia masih mengirim upeti pada raja Tenochtitlan-Teotihuacan-Tlaltelolco. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kekaisaran Aztec bukanlah kekaisaran yang solid dan riil.


Sistem pemerintahan Bangsa Inca: Kekaisaran Inca berawal dari sebuah kerajaan kota kecil di pegunungan Andes bernama Kerajaan Kuzco. Kerajaan Kuzco kemudian membangun angkatan perang yang kuat dan menundukkan kerajaan-kerajaan lain di pegunungan Andes, lalu membangun Kekaisaran Inca yang kuat, bersatu, dan damai. Kekaisaran Inca kemudian menjadi negara yang dihormati dan dipuji di Amerika Selatan


Peninggalan Bangsa Maya: Piramida Kukulkan, Kuil Aksara (Makam Pacal), Situs Kota Palenque, Kuil Teotihuacan (yang terkenal akan patung ksatrianya).


 Peninggalan Bangsa Inca: Istana Kuzco, Kuil Inti, Machu Piccu

Peninggalan Bangsa Aztec: Situs Kota Tenochtitlan, Kompleks Piramida Matahari, Bulan, dan Jalan Orang Mati, Piramida Ular Berbulu, Kuil Tezcatlipoca (Kaca Berasap) dan Templo Mayor(bisa dicatat bahwa penggalian situs Tenochtitlan agak sulit sejak bangsa Spanyol membangun langsung Kota Meksiko yang sekarang ini diatas reruntuhan Tenochtitlan, dan reruntuhan Templo Mayor berada dibawah Katedral Metropolitan Kota Meksiko milik Keuskupan Agung Meksiko)
https://vdbaa.com/fullpage.php?section=General&pub=889658&ga=g


2.Peradaban India Kuno

Peradaban India Kuno adalah peradaban yang terdapat di Lembah Sungai Indus. Sungai indus mengaliri tiga wilayah, yaitu Kashmir, India dan Pakistan. sungai ini mengalir dari tibet dan bermuara ke Laut Arab. Panjang Sungai Indus kurang lebih 2900 kilometer.
Peradaban India Kuno berkembang di Kota Mohenjo-Daro dan Harappa. Penduduk asli mohenjo-Daro dan Harappa adalah suku bangsa Dravida. Suku Dravida bertubuh pendek, hidung pesek, rambut keriting hitam, dan kulit berwarna hitam. Mata pencaharian suku Dravida adalah petani dan peternak. Mereka juga sudah mampu membuat alat teknologi sederhana berupa alat rumah tangga, alat pertanian, kain dari kapas dan mendirikan bangunan-bangunan.

No comments:

Post a Comment

Kepercayan, sistem pemerintahan Bangsa inca, Bangsa Maya, bangsa Aztec dan peradaban india kuno

1   Kepercayaan dan sistem pemerintahan Bangsa Inca, bangsa maya dan bangsa Aztec Kepercayaan Bangsa Inca: Masyarakat Inca perca...