travel di Pulau Buru di Maluku

hay semua pembaca dan pengunjung blog saya... sudah tau pulau buru? ya dulu pulau buru merupakan pulau yang dijadikan tempang pembuangan tahanan politik di era orde baru dan pulau buru dulu banyak perpohonan atau hutan, tapi yang kalian harus tau guys..... sekarang pulau buru sudah menjadi pulau yang sangat indah untuk menjadi tempat rekreasi atau berliburan. sebelum mebahas lebih dalem keindahan pulau baru..... kurang lengkap kali kita tidak bahas letak pulau buru...


DIMANA SI LETAK PULAU BURU?


Pulau Buru merupakan salah satu pulau besar di kepulauan maluku Dengan luas 8.473,2 km², dan panjang garis pantai 427,2 km, Pulau Buru menempati urutan ketiga setelah Pulau Halmahera di Maluku Utara dan dan Pulau Seram di Maluku Tengah. Secara umum Pulau Buru berupa perbukitan dan pegunungan. Puncak tertinggi mencapai 2.736 m.

Menurut data BPS pada tahun 1997, jumlah penduduk Pulau Buru ialah 105.222 jiwa. Pada saat itu Buru terdiri dari 3 kecamatan, yaitu Buru Utara Barat dengan ibu kota kecamatan di Air Buaya, Buru Utara Timur dengan ibu kota kecamatan di Namlea dan Buru Selatan dengan ibu kota kecamatan di Leksula. Pada waktu itu pula ketiga kecamatan di Pulau Buru masih berada dalam wilayah Kepulauan Maluku Tengah yang beribu kota di Masohi Seram. Komposisi penduduk berdasarkan agama pada 1997: 48% Islam, 41% Kristen, dan 11% lain-lain.
Ada beberapa kelompok etnis yang menetap di Buru: etnis asli, yakni Buru (baik di pesisir maupun di pedalaman); dan etnis pendatang, yakni Ambon, Maluku Tenggara (terutama Kei), Ambalau, Kep. Sula (terutama Sanana), Buton, Bugis, dan Jawa (terutama di daerah pemukiman transmigrasi). Tidak diketahui data mengenai komposisi penduduk berdasarkan etnis.
Ada beberapa wilayah dataran di Pulau Buru. Dataran terluas adalah lembah Sungai Waepo di wilayah Kecamatan Buru Utara Selatan dengan Ibu Kota Mako. Dataran Waeapo ini pada awal '70-an menjadi salah satu tempat pemukiman bagi para Tapol / NAPOL kasus G30S. Dan kemudian pada awal '80-an mulai dibuka untuk unit-unit pemukiman transmigrasi dan sampai sekarang menjadi lumbung padi untuk Pulau Buru.
Selain Waeapo, Buru minim dengan dataran. Dataran yang lain umumnya sempit, dapat dijumpai di hampir sepanjang garis pantai utara bagian barat dan di hampir sepanjang garis pantai selatan bagian timur. Oleh karena itu, kecuali daerah Waeapo, daerah pemukiman padat penduduk lebih banyak di daerah pesisir. Semenjak Februari 2003, Kabupaten Buru dimekarkan dari 5 Kecamatan menjadi 10 kecamatan. Dengan demikian jumlah desa juga mengalami penambahan, dari 81 Desa menjadi 94 desa. Sementara itu jumlah Dusun ada 125 dusun.

SEHABIS KITA MENGETAHUI LETAK PULAU BURU.... SEKARANG KITA MEMBAHAS BAGAIMANA CARANYA AGAR BISA BERLIBURAN DIPULAU BURU?

Cara utama untuk dapat mencapai Pulau Buru ini sendiri ialah dengan menghampiri Kota Ambon terlebih dahulu. Karena dari kota inilah lo akan mendapatkan sebuah jasa yang bisa mengantarkan lo ke Pulau Buru.
Dari Kota Ambon lo bisa menggunakan transportasi kapal laut yang akan menempuh perjalanan sekitar 8 hingga 12 jam. Namun dengan perjalanan yang panjang tersebut akan terbayarkan dengan keindahan alam yang ada.
Tentunya pada saat pertama kali menginjakkan kaki lo di Pulau Buru ini, langsung terpancar keindahan alam yang memukau serta banyak panorama alam yang hanya bisa lo dapatkan di kawasan Pulau Buru.


SETELAH MENGETAHUI LETAK DAN BAGAIMANA BISA BERLIBURAN DIPULAU BURU... KINI YANG KITA TUNGGU TUNGGU KEINDAHAN APA SI YANG ADA DI PULAU BURU?


 Liburan akhir pekan ke Maluku, jangan lupa mampir ke Pulau Buru alias Bupolo. Kecantikan alamnya masih asli tak kalah dengan daerah timur Indonesia lainya.



Kenapa harus menikmati pesona pantai di Pulau Buru, ini alasannya. Di Kota Namlea, Pantai Talaga yang menawarkan pesona alami ini semakin banyak keistimewannya karena bawah lautnya juga cantik.



Saat siang traveler dapat menikmati birunya langit dan indahnya pesona Pantai Talaga. Semakin betah saat matahari mulai perlahan-lahan menghilang dan warna langit berubah kemerahan, rasa semakin jatuh cinta sama keindahan pantai Talaga akan muncul.



Traveler tidak perlu membutuhkan waktu berjam-jam untuk menikmati pesona Pantai Talaga. Cukup naik motor atau berjalan kaki dari hotel dan penginapan yang berada di Namlea. Rata-rata harga sewa kamarnya cuma Rp 300 ribu per malam. 
Selain pantai, di Kabupaten Buru ada juga Danau Rana. Merupakan danau yang berada di ketinggian 700 mdpl dan tentunya masih alami.


Ada yang kurang rasanya kalau traveling cuma menghabiskan waktu di pantai tanpa menyantap hasil laut, Kabupaten Buru mempunyainya. Di kota Namlea ada berbagai wisata kuliner berbahan ikan segar dengan harga terjangkau.

SEGITU SAJA ILUSTRASINYA TENTANG PULAU BURU.... ARTIKEL INI DIAKHIRI DENGAN VIDEO MENGENAI PULAU BURU
CEKIDOT....


video by:  edwin S. Prihartanto
video by production al fathir photo studio

No comments:

Post a Comment

Kepercayan, sistem pemerintahan Bangsa inca, Bangsa Maya, bangsa Aztec dan peradaban india kuno

1   Kepercayaan dan sistem pemerintahan Bangsa Inca, bangsa maya dan bangsa Aztec Kepercayaan Bangsa Inca: Masyarakat Inca perca...